Thursday, January 12, 2012

Beberapa Alternatif Cemilan Rendah Kalori

Cemilan merupakan makanan selingan yang dikonsumsi di antara jam makan. Biasanya berupa makanan ringan yang tidak mengenyangkan, seperti kacang, keripik kentang, pop corn dan lain-lain.

Cemilan yang banyak di jual saat ini seringkali selain banyak mengandung MSG dan pemanis buatan juga mengandung kalori yang tinggi. Tentu saja bila dimakan terlalu banyak akan meningkatkan jumlah kalori yang masuk tubuh sehingga meningkatkan resiko kenaikan berat badan yang signifikan serta dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan gangguan tenggorokan.

Agar kita terhindar dari resiko di atas maka alternatif jalan keluarnya adalah dengan memilih cemilan yang enak namun sehat dan rendah kalori. Cemilan bisa dikategorikan sebagai makanan sehat apabila mengandung bahan bermanfaat, kaya serat, rendah lemak, tidak menggunakan MSG atau pemanis buatan serta tidak menggunakan bahan pengawet makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa cemilan sehat yang bisa Anda buat sendiri adalah yoghurt,es krim, keripik tahu, keripik singkong, puding, rujak buah, es buah dan lain-lain . Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengkreasikannya dengan satu bahan atau beberapa bahan yang dicampur jadi satu. Yang penting diperhatikan dalam membuat makanan untuk selingan ini adalah karbohidrat yang terdapat di dalamnya tidak lebih dari 80%, tanpa MSG dan tidak perlu diberikan bahan pengawet.



Alternatif lain yang bisa digunakan sebagai cemilan sehat adalah biskuit gandum atau roti gandung yang berserat tinggi. Karena kadar kalori dan lemak yang rendah serta kandungan seratnya cukup tinggi, maka biskuit ini sangat efektif untuk makanan sela di antara jam makan bagi orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Jangan lupa, buah-buahan segar juga merupakan makanan selingan yang sangat sehat. Di Indonesia banyak tersedia buah-buahan tropis yang beraneka ragam seperti jeruk, mangga, rambutan, semangka, semangka, manggis. Buah-buahan tersebut selain kaya akan vitamin, rendah kalori juga mempunyai kandungan airnya yang tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Rasanya yang segar serta kaya akan serta menjadikan buah-buahan sebagai alternatif cemilan yang paling sehat dibanding cemilan lainnya.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com