Thursday, January 12, 2012

Gangguan Kehamilan dan Penyebabnya

Cita-cita terdalam dari seorang wanita adalah dapat melahirkan keturunan bagi keluarganya atau dengan kata lain punya anak, namun dalam era globalisasi ini gangguan terhadap kesehatan wanita juga meningkat. Gangguan terhadap kesehatan wanita ada bermacam macam salah satunya gangguan terhadap alat reproduksi wanita yang mengakibatkan wanita tidak bisa hamil atau wanita susah hamil. Pada setiap bulannya wanita mempunyai siklus ovulasi yang tetap, namun pada wanita yang mengalami gangguan reproduksi ovulasi dapat berjalan lambat bahkan terjadi anovulasi. Penyebab dari gangguan tersebut karena adanya penyumbatan di saluran ovarium dan penyimpangan hormon reproduksi.

Apabila terjadi anovulasi pada wanita secara langsung tidak akan terjadi pembuahan dalam rahim, secara tegas dapat kita katakan mustahil terjadi kehamilan. Penyebab lain dari gangguan reproduksi yang mengakibatkan wanita tidak bisa hamil adalah adanya kista dalam kandungan bahkan terjadi kanker kandungan yang mengakibatkan rahim tidak dapat berfungsi, bisa juga harus diangkat karena dapat membahayakan nyawa wanita tersebut. Dalam kasus khusus, wanita yang bekerja di bidang kimia dapat mengalami susah hamil. Tanpa disadari zat kimia yang keseharian dihirup dan ada dekat mereka berpengaruh pada alat reproduksi sehingga wanita tidak bisa hamil.

Anovulasi pada wanita sering kali baru di deteksi ketika masalah tersebut telah memasuki stadium lanjut yang mengakibatkan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam usaha pengobatan dan penyembuhannya. Apabila
kaum wanita dapat secara aktif melakukan pencegahan maka gangguan pada organ reproduksi dapat ditekan seminim mungkin bahkan kasus wanita tidak bisa hamil dapat diatasi secara maksimal. Penyebab lain anovulasi pada wanita yang berakibat wanita susah hamil adalah tingkat stres yang tinggi dan tubuh yang bekerja melampaui batas.
Ketika manusia mengalami tekanan yang berlebihan pada jiwa dan tubuhnya maka sistem atau hormon pada tubuh akan mengalami gangguan dan mengganggu fungsi organ tubuh. Oleh karena itu alangkah baiknya jika para kaum wanita menerapkan pola hidup yang seimbang serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan secara maksimal sehingga anovulasi pada wanita yang mengakibatkan wanita susah hamil atau wanita tidak bisa hamil dapat dicegah
.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com