Saturday, January 28, 2012

jeruk nipis


Jeruk nipis adalah buah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun tidak semua orang tau apa saja manfaat tersembunyi dari sebuah jeruk nipis. Sejak dahulu kala, jeruk nipis sudah di gunakan untuk bumbu masakan dan obat berbagai macam penyakit.

Tahukan Anda apa saja khasiat yang terkandung dari sebuah jeruk nipis? Yuk mari kita simak..

Obat Amandel

Ambil 3 buah jeruk nipis lalu kupas kulitnya, lalu potong-potong kulit jeruk nipis tersebut dan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air tersisa ¾. Setelah itu saring air rebusan kulit jeruk nipis tersebut lalu gunakan untuk berkumur-kumur 3 kali sehari hingga amandel kempis

Obat Batuk

Sebuah jeruk nipis di cuci , iris dan peras sarinya lalu di campur dengan 1 sendok makan madu asli dan tambahkan sedikit garam. Minum 3 kali sehari hingga batuk sembuh

Obat Ambeien

Ambil sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Obat Bau badan.

Mengatasinya cukup mudah, potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi dan biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lakukan tiap pagi dan sore.

Obat Batu ginjal.

Dua butir perasan jeruk nipis kampung dicampur dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam dan lakukan tiap hari selama 10 hari.

Obat Difteri.

Caranya: ambil dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya, Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu, pergunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum dan Lakukan 3 kali sehari.

Obat Demam atau Flu.

Ambil satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa dan oleskan pada kening penderita.

Obat Haid Yang Tidak Teratur.

Ambil tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata dan minum selagi hangat, 3 kali sehari.

Obat Jerawat.

Ambil beberapa jeruk nipis secukupnya lalu iris kemudian digosokkan pada kulit wajah yang berjerawat

Obat Rambut Rontok dan Ketombe

Ambil dua buah jeruk nipis lalu potong menjadi tiga bagian, oleskan dengan merata pada kulit kepala . Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya dan lakukan 3 kali seminggu.

Obat Kecanduan Rokok

Cukup iris 1 jeruk nipis, isap lalu minum air putih, dan lakukan beberapa kali sehari.

Vertigo.

Ambil setengah genggam daun nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi dan lakukan 2 kali sehari.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis yang kami rangkum dari berbagai sumber. Jika Anda tahu manfaat lainnya silahkan tambahkan melalui komentar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat

Sumber: http://www.citraindahrumahku.com/manfaat-jeruk-nipis/

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com