Thursday, January 12, 2012

Perawatan Infertilitas dan Tuhan

Pasangan mandul atau disebut juga dengan pasangan infertil adalah pasangan yang telah menikah selama satu tahun dan hidup dengan harmonis serta telah berusaha untuk memiliki anak namun sang istri belum juga mengandung. Saat ini banyak pasangan yang mengalami infertilitas belum memiliki keturunan meskipun usia perkawinan sudah cukup lama. Berdasarkan survei, prosentase kemandulan atau infertilitas pada suami sekitar 40% sedangkan pada istri lebih besar yaitu 60% sampai 70%.

Penyebab infertilitas bermacam-macam, ada yang disebabkan karena kelainan sejak lahir misalnya alat kelamin tidak sempurna baik pada laki-laki maupun perempuan. Bisa juga karena gangguan hormonal terutama pada wanita, adanya penyakit pada organ reproduksi seperti kista dan tumor. Gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum minuman keras, makanan tidak sehat dan kandungan gizi pada makanan rendah, sering terpapar zat kimia dapat menyebabkan kemandulan.



Bila pasangan yang mengalami infertilitas ini ingin memiliki anak hendaknya berusaha mencari tahu penyebab kemandulannya dan mengatasi kemandulannya. Pemeriksaan pasangan mandul di rumah sakit memang agak rumit dan butuh biaya yang cukup besar. Namun kelebihannya, pemeriksaan ini cukup teliti karena menggunakan peralatan yang canggih. Pemeriksaan awal meliputi pengetahuan mengenai usia perkawinan, keharmonisan, hubungan keluarga. Kemudian pemeriksaan fisik yang meliputi tekanan darah, nadi, suhu badan, pernapasan, dan foto torak keduanya. Untuk pemeriksaan laboratorium mencakup pemeriksaan darah, urin lengkap, gula darah, fungsi hepar, dan fungsi ginjal.

Khusus untuk suami perlu diperiksa spermanya, baik jumlah, volume, kekentalan, gerak, maupun bentuknya. Pemeriksaan dalam bagi istri bertujuan untuk mengetahui keadaan serta arah rahim, adanya tumor terutama pada indung telur, arah mulut rahim yang abnormal. Jika tidak ditemukan adanya kelainan pada alat kelamin istri, maka diperiksa apakah pelepasan sel telur dapat berlangsung dengan sempurna.

Indung telur merupakan organ reproduksi yang sangat vital karena sebagai tempat terjadinya pertemuan antara sel telur dengan sperma. Karena saluran telur sangat kecil, maka jika terjadi infeksi atau tersumbat sesuatu maka akan menghalangi fungsinya sehingga menyebabkan infertilitas. Pengobatan pasangan mandul, didasarkan pada penyebab kemandulan tersebut. Ada juga pasangan suami dan istri baik-baik saja namun belum juga hamil. Diperkirakan hal ini disebabkan karena istri alergi terhadap sperma suami, atau karena stres.

Ada beberapa solusi bagi pasangan infertil. Berobat ke dokter, meninggalkan rokok dan minuman keras, mengkonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan seperti kecambah, kacang hijau, sayur dan buah, atau minum obat herbal untuk kesuburan yang sekarang banyak dijual, tetapi tentu saja yang sudah mendapat izin dari Dinas Kesehatan. Bagi yang memiliki kemampuan dalam hal keuangan, maka mereka ada yang mengikuti program bayi tabung. Terlepas dari itu semua, kehamilan bukanlah semata-mata proses biologis saja.

Tapi itu merupakan karunia Tuhan, yang Dia berikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Hendaknya bagi siapa yang belum juga dikaruniai keturunan hendaknya bersabar dan terus berusaha sesuai kemampuan. Karena sesungguhnya Dia Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com